YABEDI PEDRISH
112 200 2006
Bagaimana cara menghadapi
persaingan pasarbagi indonesia ?
Maraknya pertumbuhan usaha
saat ini,ternyata menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat ,antisipasi
terutama persaingan pasar secara global. Indonesia sebenar nya sudah mampu
untuk membuat produk bermutu yang tidak kalah dengan produk luar negri,hanya
saja orang indonesia kebanyakan lebih mengutamakan gengsi daripada fungsi.
Persoalan
nya sekarang ialah apakah perusahaan yang membuat produk tersebut merasa kalah
atau mampu bersaing dengan perusahaan global yang produknya sudah berjaya
meraup keuntungan dipasar indonesia. Pertanyaan ini yang harus bisa dijawab
oleh para pengusaha indonesia,
Juga pemerintah indonesia ,kalau saja pemerintah menanggapi globalisasi
ini sebagai sebuah perang maka pendekatan nya juga pasti seperti strategi
perang.
Terlebih
sebelum nya indonesia yang menjadi anggota WTO(World Trade Organization) . WTO
yang dikenal dengan 3 perjanjian nya salah satu nya ialah pembebasan tarif untuk
barang dan jasa yang masuk kenegara anggota, hal ini mengakibatkan yang tidak
baik bagi indonesia, akibat nya akan membuka pintu impor yang seluas luas nya
bagi bangsa ini.
Oleh karna itu diperlukan strategi
pengembangan pasar domestik pertanian dalam menghadapi persaingan global .ini
merupakan kunci untuk bisa menghadapi pasar global,perlunya penyesuaian
struktur pasar lokal dengan pasar dunia pengembangan infrastruktur pasar baik
sarana atau yanglain nya serta perlu nya pembinaan sedemikian rupa agar mampu
melaksanakan distribusi pasar secara efisien,sehingga menguntungkan seluruh
pelaku mulai dari petani sebagai produsenhingga konsumen. Ditingkat petani
perlu dilakukan transformasi dari produsen menjadi petani supplier. Untuk
distribusi dan pemasaran perlu dikembangkan kelembagaan dan sarana
pemasaranyang efisien melalui pembentukan terminal agribisnis. Dan untuk
membangun jaringan pemasaran yang efektif dibutuhkan kerjasama yang sinergis
diantara instansi maupun pelaku usaha terkait.
Kemudian diperlukan
pemilihan strategi bagi perusahaan
1. Strategi internasional :
menawarkan bagaimana perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari
pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing
2.
Strategi multidomestik : dalam
strategi ini ,perusahaan secara ekstensif melakukan peragaman produk karah
kondisi nasional yang berbeda dimana nilai kreasi juga tidak boleh dilupakan
3.
Strategi global: memusatkan pada
peningkatan laba,lbih mengarahkan pada standarisasi kualitas produk secara global.
Aliansi strategi
Pemilihan partner: harus
jelas siapa yang akan kita ajak untuk kerjasama ,apakah partner tersebut dapat
berkontribusi dengan baik serta tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang.
Struktur aliansi: menentukan suatu struktur untuk menghindari
terjadi nya pemanfaatan dari partner untuk kepentingan sendiri
Jadi untuk menciptakan
suatu inovasi yang bisa diperhitungkan dimasa mendatang perlu strategi yang
baik agar inovasi tersebut bisa lebih diperhitungkan.
No comments:
Post a Comment