Wednesday, 29 May 2013

Power



YABEDI PEDRISH
112 200 2006


Bagaimana cara menghadapi persaingan pasarbagi indonesia ?
Maraknya pertumbuhan usaha saat ini,ternyata menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat ,antisipasi terutama persaingan pasar secara global. Indonesia sebenar nya sudah mampu untuk membuat produk bermutu yang tidak kalah dengan produk luar negri,hanya saja orang indonesia kebanyakan lebih mengutamakan gengsi daripada fungsi.

Persoalan nya sekarang ialah apakah perusahaan yang membuat produk tersebut merasa kalah atau mampu bersaing dengan perusahaan global yang produknya sudah berjaya meraup keuntungan dipasar indonesia. Pertanyaan ini yang harus bisa dijawab oleh para pengusaha indonesia,
Juga pemerintah indonesia ,kalau saja pemerintah menanggapi globalisasi ini sebagai sebuah perang maka pendekatan nya juga pasti seperti strategi perang.
Terlebih sebelum nya indonesia yang menjadi anggota WTO(World Trade Organization) . WTO yang dikenal dengan 3 perjanjian nya salah satu nya ialah pembebasan tarif untuk barang dan jasa yang masuk kenegara anggota, hal ini mengakibatkan yang tidak baik bagi indonesia, akibat nya akan membuka pintu impor yang seluas luas nya bagi bangsa ini.

  Oleh karna itu diperlukan strategi pengembangan pasar domestik pertanian dalam menghadapi persaingan global .ini merupakan kunci untuk bisa menghadapi pasar global,perlunya penyesuaian struktur pasar lokal dengan pasar dunia pengembangan infrastruktur pasar baik sarana atau yanglain nya serta perlu nya pembinaan sedemikian rupa agar mampu melaksanakan distribusi pasar secara efisien,sehingga menguntungkan seluruh pelaku mulai dari petani sebagai produsenhingga konsumen. Ditingkat petani perlu dilakukan transformasi dari produsen menjadi petani supplier. Untuk distribusi dan pemasaran perlu dikembangkan kelembagaan dan sarana pemasaranyang efisien melalui pembentukan terminal agribisnis. Dan untuk membangun jaringan pemasaran yang efektif dibutuhkan kerjasama yang sinergis diantara instansi maupun pelaku usaha terkait.

Kemudian diperlukan pemilihan strategi bagi perusahaan
1.    Strategi internasional : menawarkan bagaimana perusahaan menciptakan suatu nilai yang unggul dari pesaing dengan transfer keahlian dan produk yang bernilai kepada pasar asing
2.       Strategi multidomestik : dalam strategi ini ,perusahaan secara ekstensif melakukan peragaman produk karah kondisi nasional yang berbeda dimana nilai kreasi juga tidak boleh dilupakan
3.       Strategi global: memusatkan pada peningkatan laba,lbih mengarahkan pada standarisasi kualitas produk secara global.

Aliansi strategi
Pemilihan partner: harus jelas siapa yang akan kita ajak untuk kerjasama ,apakah partner tersebut dapat berkontribusi dengan baik serta tidak memanfaatkan aliansinya dimasa mendatang.
Struktur aliansi:  menentukan suatu struktur untuk menghindari terjadi nya pemanfaatan dari partner untuk kepentingan sendiri

Jadi untuk menciptakan suatu inovasi yang bisa diperhitungkan dimasa mendatang perlu strategi yang baik agar inovasi tersebut bisa lebih diperhitungkan.


 



No comments:

Post a Comment